Obat Asam Urat

garcia obat asam urat
Artikel Manggis Garcia kali ini membahas mengenai manfaat Ekstrak Kulit Manggis GARCIA sebagai obat asam urat.

Salah satu penyakit yang sering dialami oleh mereka yang sudah berumur 40 tahun ke atas adalah gangguan asam urat. Menurut para ahli, penyakit ini merupakan salah satu dari ratusan jenis penyakit rhemuatik. Asam urat itu sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh, tetapi bila kadarnya berlebih, ia akan tertimbun dalam bentuk kristal asam urat di sendi. Hal ini dapat menyebabkan munculnya penyakit artritis, yang disertai gejala nyeri sendi. Terkadang timbunan kristal asam urat itu berada di ginjal, yang menyebabkan batu ginjal, yang disertai gejala nyeri pinggang. Gangguan asam urat erat hubungannya dengan pola makan. Untuk menghindari atau menurunkan kadar asam urat dalam darah, diperlukan diet rendah purin. Purin adalah zat yang terdapat pada tiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup, dan terdapat hampir di semua makanan. Karena itu, hindarilah mekanan berkadar purin tinggi (100-1.000 mg/100g), seperti otak, hati, jantung, ginjal, jeroan, kaldu, daging bebek, ikan sarden, makarel, dan kerang. Sedangkan makanan yang mengandung purin sedang (9-100 mg/100g) sebaiknya dibatasi, seperti daging ayam, udang, tahu, tempe, asparagus, bayam, daun singkong, kangkung, daun melinjo, dan biji melinjo.

Untuk menghindari dan menanggulangi asam urat berlebih, minum obat bukanlah solusi yang baik karena obat memiliki efek samping. Yang lebih baik dikonsumsi adalah antioksidan alami dari tanaman. Antioksidan secara umum terbagi dua: larut dalam air (hidrofilik) dan larut dalam lipid (hidrofobik). Belakangan ini, para ahli kesehatan telah menemukan suatu senyawa nabati alami yang efektivitas dan tingkat antioksidannya lebih tinggi daripada vitamin C, vitamin E, glutation, dan melatonin. Senyawa itu bernama xanthone, yang diperoleh dari ekstrak kulit manggis. Xanthone itu bersifat mudah teroksidasi sehingga radikal bebas akan mengoksidasinya. Terjadi reaksi, yang secara lengkap tentu sulit dijelaskan di sini. Mekanisme reaksi itu dapat menghambat kerja radikal bebas. Jadi, oksigen reaktif dari beberapa radikal bebas dapat dihilangkan oleh xanthone dalam reaksi itu, sehingga zat yang bermanfaat bagi tubuh dapat berfungsi untuk memelihara kesehatan, termasuk mencegah asam urat. Kesimpulannya bahwa Manggis Garcia ini ampuh sebagai obat asam urat.

Apakah untuk mendapatkan xanthone itu kita perlu mengimpornya dari luar negeri atau menggiling kulit manggis dulu untuk kemudian meminum airnya? Tidak. Sekarang, teknologinya sudah ada di Indonesia. Kini telah hadir Ekstrak Kulit Manggis GARCIA. Sekali lagi, nama produk itu adalah GARCIA, bukan xanthone, karena xanthone adalah nama zat yang terkandung di dalamnya.

Posting Komentar